Jumat, 12 Agustus 2011

Catatan Seorang Sahabat (di ulang tahun sahabatnya yang ke 20)

7 Agustus 2011, klo gak salah skitar jam 14.00, saya sudah sms icha sma arif, untuk membicarakan kue ulang tahun untuk redo, hari i2 redo ulang tahun, soal kejutan sudah direncanakan d H-1, tahun ini memang tanpa kado, dari ulang tahun arif sampai icha, kami cm bs kasih kue ulang tahun, karena keuangan tahun ini lagi buruk.

Saya, arif, icha sudah sepakat akan ketemu di bim jam 4, mw k hypermart beli kue, dari tahun2 ke tahun tempat ini sudah jadi langganan, seperti biasa pasti ngaret, tapi kali ini yang telat icha, yang paling suka marah2 kalo saya, arif, redo sering telat. hari i2 kelihatan sekali kami benar-benar senang, kalo byk org bilang, kelihatan auranya. icha pake baju warna hijau, arif pake jaket petersaysdenim nya yang baru, saya pake helm baru, meskipun rada-rada cemas ninggalin helm baru diparkiran
.

Di hypermart sibuk-sibuk milih kue untuk redo, kata arif udah yang biasa, mnghemat biaya, hitung2 bisa beli mercon buat nanti malam, icha pilih yang sekitar 30rbuan, ywdh ambil yang 50rbuan, soalny saya sudah tahu rasa kuenya enak. kue yang udah dibayar di titip dlu di kasir, soalnya mw cari lilin ulang thun, biasany pake lilin angka, kali ini spesial kasih lilin yang banyak, khusus di ulang tahun redo, biar rame. belanja tadi pake duit sya sama icha, biar nanti hitung-hitungannya gak sulit, maklum mhasiswa, sllu mengalami yang namany kekurangan duit.

Sdh hampir jam stgah 6, kta bertiga udah nyampe tempat yang sudah direncanakan, nasi uduk bebek di lingkar timur, porsi yang dipesan 4 semua sama, bedanya arif pesan bandrek, udah kebiasaan soalny. redo juga belum datang, yang diobrolkan rencana buat nanti malam, di H-2, saya udah sms sari "pacarny redo" buat ngerayain ulang tahun redo di tempat bebek, hitung-hitung biar sarinya jg dekat rumah, blasan dr sari masuk,dia bilang gak enak ngerayain di tempat makan, rencana dirombak balik, saya sms arif, arif bilang gimana kalo shbis buka di tempat bebek, kita main mercon di benteng, trus sari datang buat ngasih kue ulang tahun, trus bawa telur sama tepung buat diceplokin bareng-bareng, RENCANA YANG BRILIANT, smua udah deal dengan rencana i2. tp ada yang lupa, telur sama tepung belum dibeli, dan redo udah datang, udh gak mungkin untuk keluar lagi, takut rncananya buyar, satu2nya jalan adalah sms pacarnya redo, setelah disepakati saripun di sms, tapi balasannya sari gak mw pcarnya dikasih telur, cukup tepung saja, kembali dibicarakan akhirny diputuskan saya sama arif yang akan membeli telur, biar ulang thun redo kali ini berkesan, biar nnti kalo tua bisa di ingat-ingat.

Setalah buka puasa, semua orang udah pada keluar, kue ulang tahun untuk redo dikeluarkan, senangnya saat i2, melihat teman masih bisa merasakan ulang tahun ke 20, dan belum tentu saya bisa merasakannya, setelah foto, potong kue, dan hembus lilin, kami beranjak ke tujuan berikutnya.

Redo sama icha udah lurus, saya sama arif belik kiri, pura-pura beli mercon, padahal beli telur, kalo gak salah beli telur pake duit arif, beli telur 5, dua dikantong arif, satu dikantong saya, dan dua di dalam kantong mercon, sampe ditmpat tujuan, telur yang di kantong mercon udah kethuan sama redo, ttp gk masalah masih ad 3 tlur lgi yang belum kthuan, yang lain udh pada naik, tp saya ngguin sari dibawah, waktu sampe diatas, saya lupa dan telur yang dijaket saya kethuan sama redo, karena takut, redo lari, redo gk mperdulikan sari yang udah jauh-jauh dan susah payah mempersiaapkan semuanya, redo minta saya untuk membuang telur i2, dan saya pastikan telur i2 sdh tidak ada, bahkan sari sndri yang membuangnya, tp masih ada 2 telur lagi ke kantong jaketnya arif, sepertinya prlhan-lhan keadaan udah mulai memanas, redo tiba-tiba datang dan marah, ternyata redo tidak suka dgn rencana main telur sama tepung yang udh dibuat, redo hny diam, saya sudah cb untuk bicara dan mastiin tidak akan ada acara main-main telur, tp redo tetap diam, dan tidak mngiyakan permintaan teman yang lain untuk meniup lilin, arif pun sudah berusaha mndinginkan suasana yang panas dengan guyonan. Redo memang keras, kejdian ini bukan yang pertama, sampai akhirnya saya. arif dan icha memutuskan untuk meningglakan redo dan sari berdua, dengan harapan keadaan bisa brubah dan mereka bisa merayakan ulang tahun redo walau hanya berdua, saya mulai merasa kecewa, capek dan semua yang direncanakan buyar, hanya karna hal sepele.

Beberapa hari kemudian terlihat d timeline twitter betapa marahnya redo dengan kejadian malam i2, dia merasa semua hancur, dan butuh waktu 360 hari lagi untuk mengulangnya, saya bingung ntah siapa yang harus disalahkan, semuanya dibuat hanya untuk membuat dia senang di hari ulang tahunnya, krena saya tahun setiap kita ulang tahun pasti kita berharapa adakejutan dari orang terdekat, semua yang dibayang-bayangi hancur menjadi kesalahpahaman yang hingga kini blum ada penyelesaiaannya,

Sebenarnya ini hanyalah hal kecil yang tidak perlu dipersoalkan, ada cara yang baik untuk menyelesaikannya, toh semua yang dibuat hanyalah sebuah kejutan sederhana untuk membuat hari ulang tahunnya berkesan, ternyata jangankan untuk dihargai dan sebuah ucapan terima kasih, saya bahkan yang disalahkan dengan semua kejadian ini. mungkin diam adalah hal yang tepat yang saya lakukan saat ini, biar semua berintrospeksi diri, saya hanya tidak ingin kejadian kecil i2 menjadi besar ndk merusak persahabatan yang sdh dibangun bukan dalam waktu yang singkat, sudah terlalu banyak yang dilewati bersama-sama, begitu sulitnya melupakan semua i2, apa tidak bisa kita sama-sama membayangkan bagaimana semuanya berawal, dan haruskah semua hancur dengan hal yang sungguh kecil.

Tp smua sudah terjadi yang harus dihadapi adalah bagaimana memperbaiki, semoga hari i2 bisa dikenang kita berssama-sama, dan jgn lagi ada hari yang seperti hri i2, semoga kejadian ini hanyalah warna dalam pertemanan kita, dan kisah kita benar-benar menjadi kisah klasik dimasa depan kita. dan semoga setiap hari kedepan adalah hari yang akan selalu kita ingat dan akan selalu kita banggakan di hari tua nanti.



benar yang dikatakan
icha : kita harus menghargai setiap perbedaan 
arif : Telur i2 tidak sebanding dengan perjuangan kita membangun persahabatan ini
dan saya hanya bisa berkata, saya akan tetap mempertahankan persahabatan kita, karena saya membutuhkan kita yang selalu bersama.






bersenang-senanglah,
karna hari ini akan kita rindukan di hari nanti ....
sebuah kisah klasik untuk masa depan 

bersenang-senanglah, 
karna waktu ini akan kita banggakan di hari tua

Sheila on 7







Tidak ada komentar:

Posting Komentar